banner

Tiga Langkah Mengenali Hamil Muda Keputihan Sebagai Hal Wajar atau Patologis

Hamil Muda Keputihan, Tiga Langkah Mengenali Keputihan Sebagai Hal Wajar atau Patologis

Hamil Muda Keputihan, bisa di katakan hal yang wajar bahkan juga bisakan sebagai hamil muda keputihan patologis. Hamil mudah keputihan ? Apa yang sebenarnya terjadi ? Sebagai ibu yang sedang hamil muda, tentu merasa khawatir kalau keluarnya cairan dari dalam organ vagina sebagai pertanda buruk. Keguguran, kelahiran prematur hingga bayi meninggal selalu membayangi. Terdengar menakutkan memang kalau kita tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi.

hamil muda keputihan   


Hal ini wajar saja, apalagi tidak ada wanita yang pernah hamil dan mengalami kejadian serupa, berbagi pengalaman mengenai keputihan saat hamil muda. Agar Anda terhindar dari rasa was-was yang tidak jelas, mari kita ikuti bagaimana keputihan pada saat hamil muda bisa terjadi. Nanti, Anda bisa memutuskan apakah keputihan yang Anda alami berbahaya atau tidak. 


1. Hamil Muda Keputihan, Sebab Munculnya Keputihan

Masalah wanita yang satu ini bahkan bisa terjadi ketika hamil muda. Inilah yang tidak diketahui banyak wanita hamil. Minimnya informasi membuat mereka berspekulasi yang tidak jelas.

Nah, pemicunya sama saja. Kurangnya perhatian Anda terhadap kebersihan daerah kewanitaan menjadi penyebab utama hamil muda keputihan. Artinya, kalau ada banyak wanita yang mengalaminya, berarti banyak wanita yang gagal dalam menjaga kebersihan organ ini.

Namun demikian, awal kehamilan terjadi perubahan hormonal yang siginifikan. Tidak heran banyak ibu yang mengalami stress di awal kehamilan, yang akhirnya menjadi keputihan. Kalau kita melihat dari sisi ini, keputihan di awal kehamilan hampir tidak bisa dihindari dan bisa terjadi pada wanita hamil manapun.

Banyak ibu muda yang kurang mengetahui fakta ini sehingga mengeluh dan khawatir akan berdampak buruk terhadap kesehatan janin. Kalau kita melihat dari sisi perubahan hormon, maka tidak ada alasan untuk menghkawatirkan keputihan pada saat hamil muda.

2. Tanda Keputihan Karena Perubahan Hormon

Hormon yang berpengaruh terhadap munculnya hamil muda keputihan adalah hormon estrogen. Hormon ini diproduksi dalam jumlah banyak sehingga mengakibatkan aliran darah ke bagian panggul meningkat drastis. Anda bisa mengamati dengan mudah keputihan seperti ini. Yang keluar dari dalam area kewanitaan Anda adalah lendir tebal yang tidak berwarna. Sekilas mirip dengan putih telur.

Karena keputihan ini wajar terjadi, maka Anda tidak akan ada masalah terjadi kepada Anda. Semuanya normal dan tidak disertai dengan rasa gatal, panas, bau yang menyengat, atau timbul warna kemerah-merahan pada area vagina Anda.

Mudah untuk mengamati tanda keputihan karena perubahan hormone. Dan jika yang Anda temui berbeda dengan penjelasan di atas, maka dipastikan bahwa keputihan yang Anda alami bukan akibat perubahan hormon, tapi sebab lain. Inilah yang perlu Anda waspadai.

3. Amati Keputihan yang Anda Alami!

Pengamatan bisa dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan bantuan dokter. Anda hanya perlu membedakan hamil muda keputihan karena hormon atau sebab lain.

Jika ditemukan cairan/lendir yang keluar dari vagina Anda memiliki warna, ada yang seperti keju, ada yang putih susu, hingga kehijauan, maka dipastikan itu bukan peruhanan hormon, tapi keputihan patologis/abnormal. Apalagi, cairan lengket ini juga mengeluarkan bau yang menyengat, bahkan berbau busuk tidak mengenakkan disertai dengan keluhan seperti rasa gatal dan panas di daerah kewanitaan Anda.

Harus diwaspadai bahwa keputihan karena patologis bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Lahir prematur hingga kematian bisa mengancam janin Anda. Nah, melihat hal ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli meskipun Anda bisa membedakan keputihan sebagai perubahan hormone atau patologis.

Saran yang umum diberikan oleh dokter adalah tidak menggunakan obat untuk mengatasi keputihan dan selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi hamil mudah keputihan Anda tanpa rasa khawatir.
Judul: Tiga Langkah Mengenali Hamil Muda Keputihan Sebagai Hal Wajar atau Patologis; Ditulis oleh CA; Published :2016-04-18T06:00:00+07:00 Rating: 4 dari 5

0 Response to " Tiga Langkah Mengenali Hamil Muda Keputihan Sebagai Hal Wajar atau Patologis "

Posting Komentar