banner

Penyebab Dan Cara Mengatasi Keputihan Terus Menerus

Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Terus-Menerus

Mengalami keputihan terus menerus pastinya akan sangat mengganggu Anda. dalam situasi ini bisa dikatakan kalau keputihan merupakan salah satu gejala dari adanya disfungsi dari vagina itu sendiri. Sehingga kalau dibiarkan terus menerus dapat mengekibatkan vagina akan berbau dan akan gatal.

Normalnya, cairan akan berwarna bening, akan tetapi warnanya akan berubah kuning terang apabila menempel di pakaian dalam Anda. Selain itu untuk lendirnya pun terkadang encer dan kental. Akan tetapi untuk keputihan yang membahayakan cairan akan berubah keabuan atau hijau, selain itu aromanya juga akan sangat menyengat. Daerah sekitar vagina akan menjadi gatal dan panas. Sehingga akhirnya akan menyebabkan nyeri.

Sumber Keputihan Yang Normal

Memang akan sangat mengganggu apabila Anda mengalami yang namanya keputihan terus menerus. Akan tetapi perlu Anda ingat juga tidak selamanya keputihan itu akibat ketidaknormalan organ vagina. Karena terkadang yang namanya keputihan itu merupakan hal yang normal bagi Anda.

Keputihan yang normal di dalamnya terkandung lepasan dari jaringan vagina, lendir endoserviks, jaringan leher rahim, dan bakteri baik terutama golongan Lactobacillus. Maka dari itu situasi semacam ini merupakan hal alamiah yang sering terjadi dikarenakan untuk membersihkan diri, pertahanan dari berbagai infeksi dan sebagai pelicin.

Ciri-ciri Keputihan Yang Normal

Meskipun keputihan terus menerus akan tetapi kalau keputihan Anda memiliki ciri-ciri seperti ini maka masih dikatakan kalau keputihan Anda tergolong sebagai keputihan yang normal.
  1. Cairan dari keputihan tersebut berbentuk cair atau encer dan memiliki warna yang bening dan sedikit putih.
  2. Jumlahnya pun sedikit dan tidak memiliki bau yang menyengat dan tidak menimkbulkan rasa gatal disertai dengan nyeri.
  3. PH asamnya antara 3.8 sampai 4.5

Penyebab Keputihan Yang Tidak Normal

Keputihan yang tidak normal disebabkan karena beberapa hal berikut ini:
  1. Hygiene yang sangat buruk dan juga bisa dikarenakan penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang lama. Terutama jenis obat-obatan antibuotik.
  2. Penyebab keputihan tidak normal juga bisa disebabkan karena stress. Pada saat situasi ini juga bisa mengakibatkan keputihan terus menerus pada Anda.
  3. Kanker leher rahim dan juga infeksi yang disebabkan oleh bakteri, parasit trichomonas, jamur Candida, gonorrhoe, dan virus misalnya seperti AIDS, Herpes, HPV.

Dampak Dan Bahaya Keputihan Yang Tidak Normal

Apabila Anda tidak mengalami keputihan yang tidak normal akan tetapi Anda tidak segera mengatasinya maka ada beberapa dampak dan juga bahaya yang akan Anda alami. Infeksi vagina yang tidak segera Anda tangani secepatnya secara cepat akan menyebar ke seluruh sistem reproduksi di bagian atas sehingga yang terjadi berikutnya adalah akan memicu timbulnya radang dan bisa juga terjadi penyumbatan lubang serta saluran pada sistem reproduksi Anda. Dan parahnya lagi bisa mengakibatkan kemandulan.

Cara Mengatasi Keputihan Terus Menerus

Apabila Anda mengalami situasi seperti ini ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Yang pertama adalah tanpa obat dan yang kedua adalah dengan menggunakan obat.

Hal yang harus Anda lakukan apabila memilih cara yang tanpa obat adalah Anda harus selalu menjaga daerah vagina agar tetap bersih juga higienis. Selain itu hindari untuk mandi atau berendam di kolam untuk umum. Pakailah celana dalam yang berbahan katun dan jangan memakai celana yang ketat. Dan yang terpenting adalah kurangi stress.

Sedangkan dengan menggunakan obat Anda bisa langsung saja mengkonsultasikannya dengan dokter kemudian pasti dokter akan memberikan beberapa obat yang sesuai dengan kondisi keputihan yang sedang Anda alami.

Itulah beberapa hal terkait dengan keputihan terus menerus. Sebaiknya apabila Anda mengalami hal seperti ini kenali dulu jenis keputihan Anda apakah termasuk yang normal atau yang tidak normal. Baru setelah itu lakukanlah penanganan yang tepat agar supaya tidak berakibat fatal di kemudian hari.


Judul: Penyebab Dan Cara Mengatasi Keputihan Terus Menerus; Ditulis oleh CA; Published :2016-01-15T10:44:00+07:00 Rating: 4 dari 5

0 Response to " Penyebab Dan Cara Mengatasi Keputihan Terus Menerus "

Posting Komentar