banner

Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil Muda Dan Tua

Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil Muda Dan Tua

Keputihan pada ibu hamil bisa terjadi disetiap fase kehamilan baik pada saat hamil muda ataupun tua, lantas sebenarnya apa penyebab keputihan pada ibu hamil tersebut? Salah satu faktor yang menjadi penyebab keputihan pada saat ibu hamil adalah dikarenakan terjadinya perubahan hormonal pada sistem reproduksinya. 

Dalam hal ini wanita sering sekali mengalami situasi yang namanya keputihan pada saat akan menjelang haid dan juga pada saat kehamilan. 

Bahkan banyak yang merasa khawatir ketika terjadi keputihan pada saat sedang hamil dikarenakan takut kalau berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin yang sedang dikandungnya. Lantas sebenarnya apakah keputihan yang sering dialami oleh para ibu hamil tersebut bisa membahayakan kehamilan atau tidak?

 

Keputihan Pada Ibu Hamil

Sebenarnya penyebab keputihan pada ibu hamil terjadi lantaran adanya perubahan hormon sehingga menyebabkan sistem pada peredaran darah yang menuju daerah kewanitaan tersebut akan meningkat pada saat tanda-tanda kehamilan sudah mulai terlihat. 

Kondisi seperti itulah yang sebenarnya mempengaruhi produksi cairan dari vagina juga ikut meningkat. Pada dasarnya cairan pada vagina ini memiliki manfaat sebagai pencegah infeksi yang berasal dari daerah vagina menuju rahim. Akan tetapi apabila cairan tersebut terkontaminasi dengan virus, parasit, dan bakteri maka akhirnya akan menjadi pengaruh buruk. 

Pada dasarnya yang namanya keputihan secara alamiah sering dialami oleh semua wanita, akan tetapi meskipun demikian tidak semua keputihan tersebut merupakan situasi yang normal. Karena terkadang ada situasi dimana keputihan yang Anda alami merupakan keputihan yang abnormal sehingga bisa berakibat fatal terhadap kesehatan dan juga janin yang sedang Anda kandung.
 
Keputihan Anda dikatakan normal apabila cairan tersebut memiliki warna bening keputihan, tidak bau, tidak membuat gatal dan nyeri. Akan tetapi apabila keputihan Anda memiliki warna cairan putih kekuningan bahkan ada yang sampai kehijauan, lebih kental serta lengket, keluar dalam jumlah yang banyak, menimbulkan rasa gatal, baunya tidak sedap, dan warna pada sekitar organ kewanitaan Anda berubah menjadi kemerahan maka itulah yang perlu Anda khawatirkan, karena Anda sedang mengalami keputihan yang abnormal.

 

Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil Yang Membahayakan

Penyebab keputihan pada saat ibu hamil yang bisa membahayakan bagi Anda dan janin yang ada dalam kandungan adalah dikarenakan adanya infeksi kuman penyakit yang ditimbulkan dari jamur, virus serta bakteri. 
  • Jamur
Keputihan pada saat hamil muda hingga pada saat persiapan persalinan biasanya terjadi dikarenakan oleh jamur Candida sp. Bagian alat reprodukasi yang cenderung mengalami kelembaban yang tinggi mengakibatkan pertumbuhan jamur Candida sp ini menjadi semakin subur dan sangat besar peluangnya untuk mengakibatkan infeksi. Selain itu jamur Candida sp ini juga bisa disebabkan karena menurunnya sistem imun tubuh pada saat masa kehamilan.
  • Bakteri
Bakteri merupakan salah satu penyebab keputihan pada ibu hamil lainnya yang kalau tidak segera ditangani akan membahayakan Anda dan juga janin dalam kandungan. Adapun jenis dari bakterinya bernama Bakteriosis Vaginalis.
  • Virus
Keputihan yang disebabkan karena adanya virus juga bisa membahayakan bagi Anda dan janin yang sedang dikandung. Misalnya saja seperti keputihan yang disebabkan karena terkena virus Human Papiloma Virus yang juga dapat menimbulkan kutil di sekitar organ kewanitaan Anda.

Maka dari itu apabila  penyebab keputihan pada ibu hamil disebabkan oleh jamur, bakteri, ataupun virus maka segeralah untuk segera menanganinya. Hal seperti itu sangatlah penting, takutnya akan terjadi sesuatu yang bisa mengganggu kesehatan Anda dan janin yang sedang Anda kandung.

Judul: Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil Muda Dan Tua; Ditulis oleh CA; Published :2016-01-31T06:00:00+07:00 Rating: 4 dari 5

0 Response to " Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil Muda Dan Tua "

Posting Komentar